Cara Membuat Ujian Online dengan Wondershare Quiz

Dijaman yang serba modern ini, teknologi merupakan hal yang perlu dikuasai terlebih teknologi informatika tak terkecuali bagi seorang guru. Saat ini seorang guru dituntut untuk menguasai teknologi informatika agar tidak tertinggal dengan murid-muridnya yang up to date dengan teknologi tersebut.

Pada tahun ini hampir semua sekolah tingkat SMA/MA/SMK sederajat sudah menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian ini merupakan ujian online dengan server yang ditentukan oleh pemerintah. Namun guru juga bisa membuat ujian online dengan menggunakan aplikasi wondershare yang sudah saya bahas sebelumnya. Kalo sobat belum membacanya silahkan baca dulu :

Membuat ujian online menggunakan aplikasi wondershare sebenarnya sama dengan offline. Perbedaannya cuma di pengaturan publishnya.

Bahan-bahannya :
Aplikasi Wondershare Quiz
Aplikasi Firefox
Sebuah blog atau website. Ini untuk meletakkan aplikasi kita nanti.

Pertama buat soal menggunakan wondershare quiz seperti yang sudah saya bahas sebelumnya.

Setelah itu masuk ke Quiz Properties > Quiz Information. Klik Set pada Participant Data Collection dan tentukan informasi apa saja yang perlu siswa kita isi saat akan mulai mengerjakan soal ujian, yang pasti adalah informasi nama awal, nama akhir dan jurusan (department). Lihat gambar di bawah.

Kemudian kita pergi ke Publish > Web. Isi Quiz Title, Options > Publish for > Web. Beri centang pada ‘Send results to specified email address’ dan masukkan alamat email kita. Ini bertujuan agar nilai siswa otomatis akan terkirim ke email kita. Centang ‘Send results to quiz taker’s email address’ bila kita ingin hasil ujian juga dikirim ke alamat email siswa.


Setelah itu upload file swf hasil publish tadi ke web hosting disini saya memakai www.fastswf.com. Buka halamannya klik Choose File dan pilih aplikasi swf kita tadi kemudian klik open. Isi title (judul) dan Description (penjelasan) aplikasi kita, kemudian klik Upload. Tunggu hasil upload selesai dan akan muncul aplikasi swf ujian kita.


Pada Firefox klik Alat (tool) > Informasi Laman (page info) > Media dan cari alamat yang jenisnya subjek kemudian copy lokasinya (lihat gambar di bawah).



Balik ke blog, buat Pos atau Laman baru di blog, disini saya membuat pos. Masukkan kode ini pada mode html dan ganti tulisan warna merah dengan lokasi yang kita copy tadi. Warna hijau untuk merubah lebar tampilan aplikasi, dan warna biru untuk merubah tinggi tampilan.
<embed src="Masukan URL File SWF Tadi" width="720" height="540" quality="hight" menu="true" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" /></embed>
Selamat mencoba.. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Posting Komentar
Thanks for your comment